Informasi Keimigrasian






Pengadaan Barang/Jasa

none
Rabu, 28 Februari 2018 07:59

RDK Pelaksanaan Tugas Fungsi Humas dan Umum

Oleh 

Jakarta, 23 Feb 2018. Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Timur kembali melaksanakan kegiatan RDK (Rapat Dalam Kantor) pada Kamis 22 Februari 2018. Tema RDK kali ini membahas Pelaksanaan Tugas Fungsi Humas dan Umum.

Kegiatan RDK dibuka oleh Maman Budiman, SH – Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Timur. Bertindak sebagai narasumber pada kegiatan RDK kali ini adalah Agung Sampurno, S.E Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Imigrasi dan Sardi, S.Ip, M.Si Kepala Bagian Program dan Pelaporan yang membawahi bagian kehumasan Kanwil Kemenkum dan HAM DKI Jakarta.

Materi RDK tentang Pelaksanaan Tugas Fungsi Humas dan Umum kali ini memaparkan materi Pengertian Tugas dan Fungsi serta Tujuan Kehumasan yang disampaikan oleh Sardi, S.Ip, M.Si dan Rencana Strategi Komunikasi Direktorat Jenderal Imigrasi Tahun 2018 disampaikan oleh Agung Sampurno, S.E. Bertindak sebagai Moderator, Mohamad Agus Sofani, S.Sos, M.H., Kepala Seksi Informasi dan Sarana Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Timur.

Peserta dari Kegiatan RDK ini dihadiri oleh Pejabat dan Pegawai serta CPNS Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Timur, undangan dari Divisi Keimigrasian dan Divisi Administrasi yang membawahi bidang kehumasan Kanwil kementeraian Hukum dan HAM DKI Jakarta.

RDKHumas1

Hasil yang hendak dicapai dari kegiatan RDK kali ini adalah diharapkan setiap Satuan Kerja atau Unit Pelaksana Teknis Keimigrasian mempunyai peran dan andil dalam membangun dan membentuk opini atau sentimen positif dari masyarakat pada umumnya dan masyarakat pengguna jasa keimigrasian pada khususnya. Hal ini dimaksudkan karena masih adanya opini atau sentimen negatif dari masyarakat terkait dengan keimigrasian.

Dalam paparan materi yang disampaikan oleh Agung Sampurno – Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Imigrasi – pada tahun 2017, akun media sosial Direktorat Jenderal Imigrasi menerima 3.962 tanggapan dari nitizen. Dari jumlah tanggapan tersebut, terdapat 3.307 tanggapan negatif dari nitizen. Tanggapan tersebut antara lain terkait Aplikasi Antrian Paspor Online, WNA Illegal dan Upaya Pencegahan TKI Nonprosedural dengan memperketat pembuatan paspor bagi Calon TKI. Sentimen negatif tersebut dapat dinetralisir dengan berbagai pemeberitaan dari media seperti berhasilnya Direktorat Jenderal Imigrasi mengamankan WNA yang berprofesi sebagai PSK serta berhasil ditangkapnya cyber crime komplotan WNA yang beroperasi di DKI Jakarta melalui operasi pengawasan dan intelijen keimigrasian. Selain itu Direktorat Jenderal Imigrasi juga menerapkan kebijakan kemudahan persyaratan penggantian paspor yang diterbitkan di dalam negeri sejak tahun 2019 dengan hanya melampirkan persyaratan berupa e-KTP dan Paspor Lama.

 

RDKHumas2

 

Hasil dari operasi pengawasan dan intelijen keimigrasian dan kebijakan kemudahan persyaratan permohonan penggantian paspor serta diluncurkannya Aplikasi Izin Tinggal Online dan Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA), Direktorat Jenderal Imigrasi mendapatkan tanggapan atau sentimen positif dari nitizen sejumlah 6.086 tanggapan.

Untuk itu, diharapkan Satuan Kerja / Unit Pelaksana Teknis Keimigrasian atau Kantor-Kantor Imigrasi dapat mengoptimalkan tugas dan Fungsi Humas untuk membangun dan menciptakan sentimen positif dari masayarakat. Optimalilasi tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain melakukan edukasi, klarifikasi, konsultasi, menjalin relasi, eksibisi dan publikasi dengan memanfaatkan media sosial, media televisi, infografis dan video pendek serta menanggapi atau menindaklanjuti segala pengaduan atau keluhan masyarakat terkait layanan keimigrasian.

 

Tim RDK Kanim Jaktim.

Dibaca 406 Kali

Web Terkait

Berita Nasional

Berita Hukum

Berita Internasional

Berita Terkini