Internalisasi Peningkatan Kemampuan Tugas dan Fungsi Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Timur
Imigrasi Terapkan Sistem Informasi Keimigrasian Online di 67 Kantor Perwakilan RI
October 1, 2018
TPI Kertajati Resmi Dibuka
October 15, 2018

Jakarta(8/10). Dalam rangka peningkatan kemampuan tugas dan fungsi keimigrasian, Kantor Imigarsi Kelas I Jakarta Timur mengadakan kegiatan internaslisai kepada seluruh jajaranya dengan tema “ Peningkatan Kemampuan Tugas dan Fungsi” yang dilaksanakan di Highland Park Resort Bogor mulai tanggal 5 – 7 Oktober 2018.

Kegiatan diikuti oleh seluruh jajaran Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Timur dengan menghadirkan nara sumber dari Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia serta Direktorat Jenderal Imigrasi. Tema yang disampaikan antara lain Evaluasai Pelayanan Publik, Rancangan Peraturan Menteri tentang TKA serta Sistem dan Kebijakan Pendaftaran Antrian Paspor Online.

Kegiatan dimulai pada Jumat 05 Oktober pukul 19.00 WIB seyogyanya dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, karena sesuatu dan lain hal, Kakanwil berhalangan hadir maka diwakili oleh Fauziah, SH, Kepala Bidang Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta sekaligus menyampaikan materi tentang Kebijakan Pelayanan Publik Kemenkumham.

Selanjutnya penyampaian materi pada Sabtu 06 Oktober. Dimulai dengan materi Evaluasi  Pelayanan Publik oleh Doktor Gurning, Inspektorat Jenderal Kemenkumham R.I. Inti dari materi tersebut bahwa Kanim Kelas I Jakarta Timur melakukan evaluasi terhadap pelayanan publik dengan tujuan terciptanya pelayanan prima yang cepat, mudah, terjangkau dan terukur. Untuk terciptanya pelayanan yang prima, maka Kanim Kelas I Jakarta Timur harus memliki SDM yang profesional, melakukan inovasi dalam pelayanan publik serta menyediakan sarana dan prasana pelayanan publik yang mumpuni yang mengarah kepada terciptanya Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK – WBBM).

Penyampaian materi selanjutnya secara berurutan secara panel adalah materi tentang Rancangan Peraturan Menteri tentang TKA serta Sistem dan Kebijakan Pendaftaran Antrian Paspor Online. Pemateri masing-masing disampaikan oleh utusan dari Direktorat Jenderal Imigrasi masing-masing Tessar Bayu Setyadi, Kepala Seksi Izin Tinggal Terbatas dan Nur Roisah Pujiastuti, Kepala Seksi Pemantauan Dokumen Perjalanan. Kesimpulan dan inti dari kedua materi tersebut adalah terciptanya pelayanan yang prima dalam rangka peningkatan tugas dan fungsi keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Timur menuju zona integritas yang bebas korupsi serta birokrasi bersih dan melayani.

@fosarkim2018

Comments are closed.