RDK Penguatan Fungsionalis Analis dan Pemeriksa Keimigrasian
Pelantikan CPNS Kanim Jaktim
February 1, 2019
Sosialisasi Peraturan Keimigrasian
March 21, 2019

Jakarta, 27 Feb 2019. Penguatan Fungsionalis Analis dan Pemeriksa Keimigrasian adalah materi kegiatan Rapat Dalam Kantor kali ini yang dilaksanakan pada Rabu, 27 Februari 2019 bertempat di Lobby Lt.1 Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Timur.

Kegiatan RDK diawali dengan sambutan oleh Subki Miuldi – Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Timur. Dalam sambutannya, Kakanim kembali mengingatkan kepada para pemangku Jabatan Fungsional Tertentu Kanim Jaktim untuk tetap menjaga nilai-nilai Slogan ‘Kami PASTI’ yaitu Kami Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif’ peningkatan pelayanan publik yang akuntabel, transparan, efesien dan efektif serta slogan Imigrasi Pasti Aktual – Aktif, Kreatif, Tangguh, Unggul, Amanah, Logis.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh Kakanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta, Dr. Bambang Sumardiono, Bc.IP.,S.H.,M.Si sekaligus membuka kegiatan RDK. Dalam sambutannya, Bapak Kakanwil menghimbau kepada para JFT untuk lebih fokus dalam mengemban jabatan tersebut. JFT adalah jabatan yang membutuhkan kemandirian serta inovasi dan kreatif yang lebih agar sasaran atau capaian dapat terwujud yang dapat memberikan pengaruh kepada kinerja dan karier para JFT.

Bertindak sebagai narasumber pada kegiatan RDK kali ini adalah Charles Sihite, Pemangku Jabatan Fungsional Tertentu Analis Keimigrasian Muda Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dengan materi Eksistensi JFT dan Pelaksanaan Tugasnya di Kantor Imigrasi. Dalam paparan materi tersebut, narasumber memberikan pemahaman kepada para JFT Kanim Jaktim dalam melaksanakan tugasnya untuk melakukan kegiatan analisis dan adjudikasi di bidang keimigrasian antara lain pengidentifikasian dan penelaahan secara objektif dan sistematis terhadap lalu lintas orang yang masuk atau ke luar wilayah Indonesia serta pengawasannya yang meliputi, dokumen keimigrasian, pengawasan/ intelijen, pengendalian rumah detensi imigrasi, pengelolaan teknologi informasi keimigrasian, lintas batas dan kerja sama keimigrasian, serta penyidikan dan penindakan keimigrasian.

Paparan lainnya adalah terkait dengan kewajiban para JFT baik itu analis atau pemeriksa keimigrasian. Kewajiban tersebut adalah kewajiban secara eksternal maupun internal. Kewajiban eksternal antara lain membantu atasan langsung untuk pencapaian program kegiatan , kalender kerja, dan target kinerja serta memberikan analisis, pertimbangan, dan saran terhadap permasalahan keimigrasian yang timbul dalam pelaksanaan tugas dan fungsi keimigrasian. Sedangkan kewajiban internal adalah pada awal tahun, setiap JFT  wajib menyusun SKP yang akan dilaksanakan dalam 1 (satu) tahun berjalan dengan didasarkan pada  penetapan kinerja unit kerja dan sesuai dengan jenjang jabatannya serta pada akhir tahun wajib mencatat, menginventarisasi seluruh kegiatan yang dilakukan dan mengusulkan Daftar Usulan Penilaian dan Penetapan Angka Kredit (DUPAK).

Narasumber lainnya adalah, I Nyoman Gede Surya Mataram, Kepala Bagian Kepegawaian Sekretaris Direktorat Jenderal Imigrasi dengan materi   yang terkait dengan jenjang Jabatan Fungsional Analis dan Pemeriksa Keimigrasian.

Demikian paparan materi yang disampaikan oleh para narasumber. Kegiatan berlangsung hingga menjelang pukul 18.00 WIB dengan jeda menunaikan Shalat Maghrib berjamaah di Mesjid al-Falah Kanim Jaktim yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan lainnya hingga pukul 19.00 WIB.

Kegiatan RDK ini diikuti oleh seluruh jajaran struktural dan pelaksana Kanim Jaktim serta undangan pemangku JFT dari Unit Pelaksana Teknis lainnya dalam wilayah DKI Jakarta. Kegiatan ditutup dengan penyampaian kesimpulan dari semua paparan oleh Moderator, Lukmanul Hakim, JFT Analis Keimigrasian Muda Kanim Jaktim dan santap malam bersama.

 

Tikimkanimjaktim2019

Comments are closed.