Sosialisasi Peraturan Keimigrasian
RDK Penguatan Fungsionalis Analis dan Pemeriksa Keimigrasian
March 1, 2019
Kunjungan Dirjen Imigrasi Arab Saudi
April 9, 2019

Jakarta, 21 Maret 2019. Kegiatan sosialisasi peraturan keimigrasian yang dilaksanakan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Timur bekerja sama dengan Universitas Negeri Jakarta Rabu 20 Maret 2019 menyajikan materi Prosedur Teknis Izin Tinggal sesuai dengan Permenkumham Nomor 27 Tahun 2014 tentang Prosedur Teknis Pemberian, Perpanjangan, Penolakan, Pembatalan dan Berakhirnya Izin Tinggal Kunjungan, Izin Tinggal Terbatas dan Izin Tinggal Tetap serta Pengecualian dari Kewajiban Memiliki Izin Tinggal. Materi Lainnya adalah TKI Non Prosedural dan Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Online (APAPO) Ver.2.0.

 

Peserta sosialisasi ini diikuti oleh Civitas Akedemika Universitas Negeri Jakarta, Pemangku Jabatan Fungsional Tertentu Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Timur serta Politeknik Imigrasi.

Sosialisasi Peraturan Keimigrasian ini adalah sebuah bentuk keseriusan dan kesungguhan jajaran Direktorat Jenderal Imigrasi yang diinisiasi oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Timur yang bekerja sama dengan Universitas Negeri Jakarta  untuk memberikan pemahaman tentang keimigrasian khususnya tentang perizinan keimigrasian bagi WNA serta pengawasannya, pencegahan dini terhadap segala bentuk kemungkinan terjadinya TKI Non Prosedural, Pengajuan Permohonan  Paspor melalui Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Online serta yang lebih utama adalah mewujudkan hadirnya pelayanan keimigrasian yang lebih dekat kepada masyarakat dengan melaksanakan pelayanan permohonan paspor mobile unit sebagaimana diamanatkan dalam salah satu program Bapak Presiden dalam Nawa Cita.

Kegiatan sosialisasi diawali dengan sambutan dari Kepala Kantor Imigrasi TPI Jakarta Timur, Subki Miuldi disusul kemudian sambutan dari Plt.Rektor UNJ, Prof. Intan Ahmad, P.Hd. Kegiatan sosialisasi ini secara resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Imigrasi, Ronny F. Sompie, yang diawali dengan memberikan sambutan.

Sebelumnya, kegiatan diawali dengan pemaparan materi APAPO Ver.2.0 oleh Lukmanul Hakim, Analis Keimigrasian Pertama – Kanim Jaktim. Secara berturut-turut pemaparan materi Prosedur Teknis Izin Tinggal dibawakan oleh, Agus Wijaja – Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta serta Ari Tri Esthi Moeljantoro – Kasubdit Kerjasama Intelijen Keimigrasian – Direktorat Jenderal Imigrasi dengan materi TKI Non Prosedural.

Setelah pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan memberikan pelayanan paspor menggunakan Mobile Unit Device kepada jajaran Universitas Negeri Jakarta.

TikimKanimJaktim2019.

Comments are closed.